• dekan

Beton Bahan Dasar Limbah, Siap Bersaing di LKTB Nasional

E-mail Cetak PDF

Mahasiswa Fakultas Teknik tengah sibuk guna melakukan persiapan matang untuk mengikuti Lomba Kuat Tekan Beton (LKTB) tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Surabaya, 9 Maret 2012 mendatang. Setiap hari, tiga mahasiswa Fakultas Teknik, yaitu Yanuar Riski Rinaldi, Deni Yuliono dan Aji Pratama serius mengolah beton yang berbahan dasar limbah dan  menguji coba komposisi beton yang tepat.

Menurut Kepala Laboratorium Mekanik Tanah Beton dan Jalan Raya yang sekaligus sebagai pembimbing tim LKTB menjelaskan bahwa beton yang dipersiapkan ini berbahan baku limbah, dengan tujuan mengurangi pencemaran lingkungan dan beton yang dihasilkan lebih ramah terhadap lingkungan. “Meski terbuat dari limbah, bukan berarti tidak memiliki kualitas, beton ini justru berkualitas, itulah yang kita unggulkan,” paparnya.

Beton berbahan limbah memiliki beberapa kelebihan, dari segi ekonomis, biaya pembuatan beton tersebut lebih murah, sehingga cocok bagi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. “Selain untuk mengikuti lomba, kita juga ingin memberikan sesuatu untuk masyarakat,” tekad rinal sebagai salah satu tim LKTB.

Tidak hanya itu, kosntruksi beton berbahan limbah juga memiliki kelebihan. Kekuatannya tidak kalah dengan beton berbahan semen. “Kita juga menggunakan semen, tapi lebih banyak limbah. Karena dalam beton yang dilombakan ini, kita sengaja mengurangi penggunaan semen agar lebih ramah lingkungan,” paparnya.

Apa target dalam mengikuti LKTB kali ini? Menurut Rinal, timnya tidak memiliki target muluk-muluk, tetapi dia berjanji akan memberikan yang terbaik bagi almamater.

Heri berharap, dari kegiatan tersebut, tim LKTB mampu bersiang di tingkat nasional, mengingat Untag adalah satu-satunya universitas di Banyuwangi yang ditunjuk mengikuti LKTB.”Kita berharap apa yang kita lakukan juga bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya.

Contact Support

Untuk informasi lebih jelas, anda bisa menghubungi Contact Support kami di bawah ini

Status YM

Status YM

Facebook

Statistik Pengunjung

Kami memiliki 2 guests online
Jumlah pengunjung hari ini 61 orang, kemarin 81 orang, minggu ini 142 orang, bulan ini 1656 orang, jumlah pengunjung sampai saat ini adalah 90955 orang